Prabowo: Saya Akan dan Sudah Menjadi Presiden Seluruh Rakyat Indonesia

SIR.COM, Jakarta – Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto berhasil meredam kegalauan para pendukungnya yang kaget disuguhi hasil hitung cepat (quick count) beberapa lembaga survey yang disebut-sebut dekat dengan petahana. Meski di awal Quick Count Prabowo-Sandi unggul dari Jokowi-Ma’ruf dengan raihan capres 01: 45 persen dan capres 02: 54 persen, namun dalam hitungan detik salah satu televisi yang dikenal partisan membalik hasil perolehan tersebut. Dalam hitungan detik Jokowi-Ma’ruf unggul diangka 54 persen sedangkan Prabowo-Sandi 43 persen. Lompatan hasil survey secara mendadak ini pun ramai di media sosial.

Dua jam pasca dirilis hasil Quick Count, Prabowo menyapa ratusan relawan yang telah berkumpul di depan kediamannya di Kertanegara, Kebayoran, Jakarta Selatan. Sore itu Prabowo menegaskan jika berdasarkan hasil exit poll dari 5000 Tempat Pemungutan Suara (TPS) pilpres 2019, ia dan Sandiaga Uno menang dengan perolehan angka 55,4 persen. Tak hanya itu, Prabowo juga menegaskan berdasarkan hasil quick count atau hitung cepat yang dilakukan pihak Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, pihaknya sudah unggul dengan perolehan 52,2 persen. “Hasil exit poll di 5.000 TPS kita menang 55,4 persen. Hasil quick count kita menang 52,2 persen,” kata Prabowo di kediamannya, Jakarta, Rabu (17/4).

Atas temuan itu, Prabowo curiga ada upaya dari lembaga survei tertentu yang memang sudah bekerja untuk satu pihak paslon dan menggiring opini bahwa Prabowo-Sandi kalah. “Mohon semua relawan untuk mengawal kemenangan kita di semua TPS dan kecamatan. Juga saya tegaskan di sini, kepada rakyat Indonesia, bahwa ada upaya dari lembaga-lembaga survei tertentu yang kita ketahui memang sudah bekerja untuk satu pihak. Untuk menggiring opini seolah-olah kita kalah,” Katanya.

Prabowo yang tak percaya dengan hasil survey yang ditayangkan di televisi yang seolah menggiring opini public kemenangan petahana, akhirnya mendeklarasikan kemenangannya dalam pemungutan suara yang digelar Rabu (17/4/2019) malam. Pada sekitar pukul 20.30 WIB, Prabowo menyebut meraih suara 62%. Hasil tersebut, kata Prabowo, berdasarkan perhitungan real count yang dilakukan pihaknya di 320.000 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Indonesia. “Saudara-saudara sekalian saya hanya ingin memberikan suatu update, bahwa berdasarkan real count kita, kita sudah berada pada posisi 62%. Ini adalah hasil real count dalam posisi lebih dari 320.000 TPS berarti sekitar 40%,” kata Prabowo.

Prabowo menyatakan, sejumlah ahli statistik meyakinkannya perolehan suara ini tidak akan banyak berubah. Pergeseran hanya plus minus 1%. “Bisa naik 1%, bisa juga turun 1%, tapi di titik ini, hari ini kita berada di 62%. Saudara-saudara sekalian, ini kemenangan Indonesia. Seluruh rakyat Indonesia. Dan saya katakan di sini, saya akan jadi presiden seluruh rakyat Indonesia,” tegasnya.

Prabowo tetap juga meminta semua relawan Prabowo-Sandi, anggota partai Koalisi Adil dan Makmur, PKS, PAN, Demokrat, Berkarya, dan Gerindra, kader-kadernya dan paling utama emak-emak seluruh Indonesia untuk menjaga kotak suara. Prabowo juga meminta agar seluruh pendukung Prabowo-Sandiaga untuk benar-benar menjaga ketertiban, menjaga kedamaian, dan jangan terpancing provokasi.

“Saudara-saudara sekalian jangan terpancing. Terus awasi TPS, amankan C1 dan juga jaga di kecamatan jangan lengah. Saudara-saudara sekalian saya imbau pendukung saya semuanya agar tetap tenang, semua tenang dan tidak terprovokasi melakukan tindakan anarkis. Tetap fokus mengawal kotak suara karena kotak-kotak itu adalah kunci kemenangan kita, agar kebohongan-kebohongan yang sudah dilakukan bisa dilawan. Saya tegaskan di sini kepada para pendukung saya untuk sama sekali tidak terprovokasi dan menghindari semua bentuk tindakan berlebihan, tindakan di luar hukum, dan tindakan kekerasan apapun. Terima kasih, untuk pendukung kita, silakan menjaga TPS,” kata Prabowo

Dia tak ingin Koalisi Indonesia Adil dan Makmur, dan para relawan Indonesia terpecah belah. Justru, dia ingin mempersatukan masyarakat. Termasuk para pendukung pasangan calon Joko Widodo-Maruf Amin. “Bagi saudara yang membela 01, tetap, kau akan saya bela. Saya akan dan sudah menjadi presiden seluruh rakyat Indonesia. Kita akan bangun Indonesia yang menang, Indonesia yang adil makmur, Indonesia damai dan disegani seluruh dunia,” katanya.

Untuk menutup selebrasi kemenangan, Prabowo Subianto bersama Sandiaga Salahuddin Uno kembali mendeklarasikan kemenangan di Kartanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (18/04/2019) sore. “Saya Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mendeklarasikan kemenangan sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2019-2024,” jelasnya. Dengan perolehan suara riil count 62 persen, Prabowo mengumumkan kemenangan lebih cepat mengingat adanya upaya dari pihak-pihak tertentu dengan berbagai ragam kecurangan yang terus terjadi diberbagai daerah di Indonesia. Prabowo pun mengucapkan terima kasih pada para pendukung 02 Prabowo Sandi dari berbagai kalangan, partai koalisi, ulama, tokoh-tokoh agama lain, pemuda-pemudi, milenial, emak-emak, bapak-bapak untuk bersyukur pada Tuhan YME. “Semua perjuangan panjang kita telah berhasil dengan dukungan rakyat. Kami mohon janganlah kemenangan kita lupa pada Tuhan YME dan membuat kita jumawa,” katanya.

Praboow juga menegaskan akan merajut persatuan dan kesatuan rakyat seperti yang disampaikan Jokowi menyambung kembali kebersamaan. Presiden RI 2019-2024 ini mengajak seluruh rakyat apapun agama, ras, suku dan bangsa untuk bahu membahu membangun bangsa dan negara kesatuan Republik Indoneisa. “Saya akan bangun pemerintahan yang terdiri dari putra putri terbaik bangsa, the bright and the brightest son and doughter. Anak-anak bangsa yang cerdas, cemerlang dan berakhlak mulia untuk membangun bangsa agar Indonesia menjadi negara yang berdaulat bertakwa, adil dan Makmur, dan dihormati dan disegani dalam pergaulan internasional,” pungkasnya.