Polisi Periksa 6 Orang Bawa Rp90 Miliar Di Bandara Soekarno-Hatta

SIR.COM, Jakarta – Polisi memeriksa enam orang pegawai money changer yang membawa uang senilai 90 miliar rupiah dalam bentuk mata uang asing ke Indonesia.

“Setelah kita lakukan interogasi terhadap pegawai money changer yang membawa uang tersebut, sampai saat ini belum ada yang bisa membuktikan uang itu dari mana asalnya,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (14/4).

Ia menjelaskan telah dilakukan penggeledahan di dalam koper yang dibawa oleh keenam orang tersebut berupa mata uang yen, Singapura, real, dan Selandia Baru. “Secara keseluruhan nilai uang tersebut berjumlah 90 miliar rupiah,” ujarnya.

Menurutnya, pengakuan yang bersangkutan uang itu sengaja dibeli dari luar. Namun, pihaknya masih mempertanyakan pembelian uang tersebut. “Hingga sampai saat ini belum bisa membuktikan,” jelasnya.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya meringkus enam orang yang membawa masuk uang asing berupa yen Jepang, won Korea Selatan, dollar Singapura, real Arab Saudi, dan dollar Selandia Baru, di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (12/4).

Para kurir tersebut membawa masing-masing dana dari uang asing. Yunanto dan Edi Gunawan diketahui membawa 42,050 miliar rupiah, Gofur (Singapura) 17,4 miliar rupiah, Giono (Hong Kong) 12 miliar rupiah. Kemudian, Kevin dan Yudi (Bangkok) 18 miliar rupiah.