Jelang Idul Fitri, Pengrajin Kulit di Garut Kebanjiran Pembeli

SWARAINDONESIARAYA.COM, Garut – Idul Fitri tahun ini menjadi berkah tersendiri bagi para pengrajin kulit di Kampung Sukaregang, Kabupaten Garut.

“Bersyukur Alhamdullillah menjelang Idul Fitri 1 syawal 1439 Hijriyah laris dan banjir oleh pesanan dari pelanggan baik luar maupun dalam kota Garut,” ungkap Direktur Utama PT Garut Makmur Perkasa (GMP), Dodi Gustari pada wartawan saat dikonfirmasi diruang kerjanya jl. Sudirman, Garut Kota Kab.Garut, Rabu (13/6/2018).

Bahkan bukan hanya menjelang Idul Fitri, lanjut Dodi menambahkan, biasanya setelah lebaran pun pembeli dan pesanan masih meningkat dibanding dengan hari biasa maka pengadaan prodaknya mesti disiapkan pada sebelumnya.

Saat lebaran gerai-gerai kerajinan kulit Sukaregang memang selalu diburu pembeli, baik itu orang Kabupaten Garut maupun luar, dalam peningkatan penjualan pada masa Idul Fitri dapat mencapai 10 hingga 20 persen dibanding hari hari libur biasa.

Barang yang paling laris dan dipesan diantaranya sepatu, sendal, jaket, tas, pernak-pernik kulit dari domba dan sapi, itu pesanan langsung ditambah pemesan para pembeli secara online dengan tidak sedikit dari luar kota Garut,” jelas Dodi.

Produksi kerajinan kulit PT Garut Makmur perkasa selain di Indonesia kini sudah menyebar ke manca negara. “Alhamdulillah selain produksi kita sudah merambah ke berbagai daerah, juga luar negeri, seperti produk kita yang diberi merk TAG,” pungkasnya.

Jurnalis : Agus Prasetio

Editor : Eko TW