Gedung Kemenhub Terbakar, 4 Tewas dan Belasan Orang Terluka

Ilustrasi pemadak kebakaran /ist

SWARAINDONESIARAYA.COM – Empat pekerja yang sedang merenovasi Gedung Kementerian Perhubungan tewas setelah gedung 29 lantai di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat itu, terbakar pada Minggu (8/7/2018) subuh.

Api yang muncul sejak pukul 4 pagi itu baru bisa dipadamkan  3 jam kemudian oleh puluhan petugas damkar dengan 17 unit mobil pemadam. Saat ini, petugas masih melakukan pendinginan karena masih ada asap. Petugas masih melakukan penyisiran korban.

Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 7.00 WIB. Korban tewas dalam kebakaran tersebut ada 4 orang. Mereka ditemukan di lantai 5, 8, 11, dan 12. Saat ini petugas yang ada di lapangan tengah melakukan pendinginan, mengusir asap, dan menyisir korban di Gedung Kemenhub. Penyisiran dilakukan hingga lantai 12 atau rooftop gedung tersebut.

Wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno turun langsung memantau proses evakuasi di dampingi Kepala Dinas Gulkarmat bapak Subejo dan Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Roma Hutajulu.

Staf Kemenhub Supandi menyebutkan sejumlah orang yang merupakan pekerja renovasi terjebak di lantai 18 gedung Kementerian Perhubungan di Jakarta. “Ruangan lantai 18 gedung Kemenhub sedang direnovasi, ada tukang yang terjebak di sana,” ujar Supandi di Jakarta, Minggu (8/7/2018.

Para korban yang terjebak sempat mengirimkan pesan melalui berbagai media, antara lain kertas, kardus air mineral dan lain-lain dan melemparkannya ke bawah untuk berkomunikasi dengan petugas.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta Subejo membenarkan bahwa semua korban ditemukan tewas karena kehabisan oksigen. []

 

Editor : Fuad