Agar Lebih Natural dan Explore Gagasan Besar Capres, BPN Usulkan Debat Free Fight

SIR.COM, Jakarta – Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Praboso-Sandi, Proyo Budi Santoso mengusulkan pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk membuat format debat lebih natural dengan konsep Free Fight alias tarung bebas.

Meniru konsep debat capres Amerika Serikat Hillary Clinton dan Donald Trump yang sangat menarik, BPN mencoba mengajukan pada KPU. Namun debat tetap dalam khasanah koridor yang disetujui oleh kedua belah paslon. KPU sebagai penyelenggara, tinggal mencari gelanggangnya, tanpa dibatasi waktu seperti pada debat putaran pertama kemarin.

Konsep debat tarung bebas ini juga bisa dijadikan jawaban oleh KPU terhadap kritikan yang datang dari publik mengenai jalannya debat pertama.

“Rakyat ingin tahu bagaimana kedua capres mengeksplorasi dan menjabarkan gagasan besar mereka memimpin Indonesia lima tahun ke depan secara lebih tuntas dan lugas,” katanya.

Tak hanya itu Sekjen Partai Berkarya ini mengatakan bahwa rakyat berharap KPU tidak lagi mempertahankan kisi-kisi yang diberikan kepada paslon sebelum debat. Dengan demikian, saat debat rakyat akan melihat bakat kepemimpinan paslon tanpa ragu, karena mereka tidak membaca contekan lagi.

“Rakyat ingin melihat debat calon pemimpin yang lebih natural. Tidak ada lagi salah satu paslon tertangkap kamera membaca contekan dalam menjawab pertanyaan paslon lain maupun moderator,” tegas Priyo di Media Center Prabowo-Sandi, Selasa (22/01/2019). (DAN)